Minggu, 15 Desember 2013

E-LEARNING, GEBRAKAN KECIL UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK ?

      Apa itu e-learning ? adakah yang tahu apa yang dimaksud dengan e-learning? Sebelum kita membahas tentang e-learning , tahukah kalian apa makna dari globalisasi ? 

      Globalisasi menurut pendapat saya adalah suatu perubahan perilaku dan kebiasaan dimana masyarakat global memanfaatkan penemuan-penemuan di bidang teknologi untuk membantu pekerjaan dan mempermudah kehidupan. Mengapa terjadi globalisasi ?, globalisasi terjadi karena manusia yang sudah mulai tidak mampu memenuhi pekerjaannya dan membutuhkan alat yang praktis untuk membantunya dalam pekerjaan dan berhubungan dengan orang lain. Dengan adanya globalisasi, masyarakat dunia semakin mudah dalam melakukan pekerjaannya di semua bidang. Masyarakat juga mampu mengetahui seluruh kondisi yang ada atau sedang terjadi di seluruh dunia tanpa harus datang ketempat tersebut. Masyarakatpun juga lebih mudah dalam berinteraksi dengan sesama, walaupun dipisahkan oleh Benua. 

     Dengan banyaknya teknologi-teknologi terbaru dan memiliki banyak manfaat, sekarang pun guru juga memanfaatkan jaman globalisasi ini untuk kemajuan dalam proses mengajar para siswanya, salah satunya dengan menggunakan metode e-learning. Yap, metode e-learning, apakah ada yang belum tahu tentang metode ini? metode e-learning yaitu dimana guru dan siswanya bertemu dan melakukan kegatan belajar mengajar lewat dunia maya. E-learning merupakan terobosan terbaru dalam proses belajar mengajar karena guru dan murid dapat melakukan proses belajar mengajar tanpa perlu bertemu di sebuah tempat dan baru melakukan pelajaran, melainkan guru dan muridnya dapat melakukan proses belajar mengajar tanpa harus di tempat yang sama bahkan bisa melakukan proses belajar mengajar dengan terpisahkan 2 benua, karena proses e-learning menggunakan media internet sehingga kita dapat melakukan proses belajar mengajar antara guru dengan muridnya dimana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan metode ini guru dan siswa juga dapat lebih menguasai materi pelajaran yang sedang di bahas sehingga dapat meningkatkan mutu dan nilai. 

Gambar : 
ket : metode belajar lama, face to face secara langsung.









ket : metode belajar e-learning, dengan                             memanfaatkan sarana internet.







      Proses belajar dengan metode e-learning pun sudah diterapkan di luar negeri begitu pula di Indonesia. Di Indonesia sendiri proses belajar dengan e-learning sudah mulai diterapkan karena memiliki banyak kemudahan yaitu salah satu kemudahannya seorang guru dan para siswanya dapat melakukan proses belajar mengajar tanpa harus pergi ke sekolah, hal ini memudahkan kedua belah pihak apabila sedang ada urusan. 

     Untuk sebagian besar kalangan menganggap metode e-learning sangatlah cocok bila diterapkan di kota – kota besar, karena dengan begitu banyaknya kemudahan dari metode ini sehingga para guru dan siswa dapat merasakan keuntungan apabila menerapkan metode ini dalam proses belajar mengajar. Tetapi bagaimana jika e-learning di terapkan di kawasan terpencil dan terasingkan ? Di daerah pedalaman atau daerah perbatasan, anak-anak sangatlah sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak karena dengan keterbatasan gedung sekolah serta guru yang mengajar, walaupun terdapat bangunan gedung sekolah tapi jaraknya bisa berkilo-kilo meter dan tidak ada alat transportasi yang memadai sehingga tak jarang mereka harus pergi ke sekolah dengan berjalan kaki, bahkan ada yang sampai harus menyebrangi sungai yang arusnya deras dan juga melewati jembatan yang hampir putus.Begitupun seorang guru, beliau harus berjalan kaki beberapa kilometer agar sampai di sekolah untuk membagikan ilmunya kepada siswanya. Berapa gaji yang dia dapat?, sangatlah sedikit gaji yang dia dapat dengan pekerjaan dan perjalanan yang harus dia lakukan. Tetapi dia tetap melakukan pekerjaannya menjadi seorang guru karena dia dapat terus membuat siswanya menjadi pintar dan terus memberi motivasi untuk menggapai cita-cita setinggi mungkin. Sehingga jika metode e-learning diterapkan di kawasan yang seperti ini mungkin akan lebih bermanfaat lagi bagi seluruh warga sekitar. Sebab dengan adanya metode ini, pasti pembangunan akan terjadi dikawasan tersebut, mulai dari adanya listrik, sumber air yang memadai, seluruh transportasi dibenahi dan gedung-gedung sekolah di perbaiki menjadi lebih layak untuk di tempati. 

       Kesimpulannya adalah metode e-learning tepat di gunakan dalam proses belajar mengajar di Indonesia terutama di kota-kota besar dan maju. Karena seorang guru tidak harus datang ke sekolah untuk membuat anak didiknya mendapatkan ilmu tetapi hanya dengan di rumah sambil menjelajah dunia internet guru tetap dapat melakukan proses belajar mengajar seperti biasanya, dan hal ini merupakan kemajuan besar di bidang pendidikan karena bagi guru ini merupakan menghemat biaya, waktu(jika dikota – kota besar selalu macet jika jam kerja dan sekolah), dan juga siswa semakin berlomba-lomba dalam belajar dan mendapatkan nilai. Sedangkan bagi guru yang mengajar para siswanya yang berada di sebuah desa terpencil dan terasingkan,yang bahkan listrik pun belum ada, mengajar di sekolah yang bahkan sudah tidak layak, tetaplah berjuang untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. 


 Sekian sedikit cerita dari saya, semoga kalian semua dapat lebih mengerti tentang proses belajar dengan e-learning untuk guru dan siswanya, juga tentang betapa berartinya guru dalam mencerdaskan kita semua dan bangsa ini. Selamat Hari Guru ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar