Minggu, 27 Januari 2013

FAKTA HEWAN TERBESAR DI BUMI


Mungkin beberapa di antara Anda mempunyai pemikiran bahwa dinosaurus dengan tubuh besarnya memiliki otak yang besar pula. Akan tetapi, menurut penelitian, hewan terbesar yang pernah berjalan di muka bumi ini miliki otak yang mini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para paleontolog dari National Museum of Natural Sciences, Spanyol, mengungkapkan bahwa hewan terbesar sepanjang sejarah dinamakan Ampelosaurus.

Uniknya walaupun bertubuh besar dengan panjang sekitar 15 meter atau 49 kaki ini memiliki otak yang lebih kecil dari ukuran sebuah bola tenis. Fosil tengkorak hewan yang ditemukan di Cuenca, Spanyol pada tahun 2007 silam ini telah diteliti selama bertahun-tahun.

Seperti dilansir oleh Live Science (24/01), dalam pengidentifikasian ukuran otaknya, peneliti melakukan CT Scan ke fosil
tengkorak Ampelosaurus ini dan menampilkannya kembali dalam format 3 dimensi.

Otak dinosaurus yang masuk dalam keluarga Sauropod ini diperkirakan hanya berukuran kurang dari 8 centimeter saja atau 3 inci. 

Faben Knoll, pimpinan peneliti, menjelaskan bahwa Sauropod pertama yang ada di bumi diperkirakan hidup sekitar 160 juta tahun lalu dan Ampelosaurus tersebut diperkirakan hidup sekitar 70 juta tahun lalu.

Dari rentang waktu yang cukup lama itu, para paleontolog juga berhasil ungkapkan bahwa tidak ada evolusi akan ukuran otak keluarga Saeropod dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar