Senin, 05 November 2012

KUNCI LAYAR



Sejak Windows 98, taskbar Windows tidak pernah lagi tampil polos. Anda bisa menambahkan berbagai toolbar di sana. Coba saja Anda klik kanan mouse di taskbar, kemudian pilih menu [Toolbars]. Di sana akan muncul beberapa toolbar yang bisa Anda pilih seperti [Address], [Windows Media Player], [Links], [Language bar], [Tablet PC Input Panel], [Desktop], dan [Quick Launch]. Anda bahkan bisa membuat sendiri toolbar Anda dengan cara mengklik [New Toolbar…].

Karena begitu banyaknya toolbar yang bisa dibuat dan digunakan, hal ini bisa berpotensi membuat tampilan desktop Anda semrawut. Walaupun Anda sudah merapikannya, pengguna masih bisa mengubah-ubah tampilan layar komputer Anda, dalam hal ini toolbar Anda. Maka dari itu, Anda harus menguncinya.

Caranya begini:
1. Klik [Start] dan ketik gpedit.msc pada kolom pencarian untuk masuk ke Group Policy.
2. Masuklah ke folder Local Computer Policy-User Configuration-Administrative Templates-Desktop-.
3. Cari dan klik ganda setting Prohibit adjusting desktop toolbars.
4. Pada jendela Prohibit adjusting desktop toolbars Properties, klik radio button [Enabled] untuk mengunci toolbar.
5. Klik [OK] untuk menutup jendela properties.

Pekerjaan kita masih belum selesai sampai di sini. Karena, langkah-langkah di atas hanya akan mengunci toolbar dalam arti, pengguna tidak bisa memodifikasinya tetapi masih bisa menambah atau menghapus toolbar di desktop dan memindahkan posisinya dengan drag and drop. Lalu bagaimana solusinya?

Ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jika Anda telah keluar dari Group Policy, jalankan kembali editor policy tersebut. Setelah itu, masuklah ke folder yang sama dengan langkah sebelumnya.
2. Klik ganda setting Prevent adding, dragging, dropping, and closing the Taskbar’s toolbars yang terdapat dibagian kanan jendela.
3. Pada Prevent adding, dragging, dropping, and closing the Taskbar’s toolbars Properties, klik opsi [Enabled].
4. Terakhir, klik [OK] lalu tutup jendela Group Policy.

Nah, sekarang pengguna komputer Anda benar-benar tidak bisa mengutak-atik toolbar yang telah Anda customize.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar